Selasa, 26 Agustus 2008

Bagaimana Buah Dicerna?

Merupakan pengetahuan baru bagi saya. Sebenarnya tidak benar-benar baru. Dulu saat masih menyandang gelar ”dokter muda” (belum jadi dokter) alias S.Ked (Sarjana Kedokteran), yang notabene juga anak kos, saya gemar sekali ikut berbagai seminar. Bersama teman-teman, kami berpakaian rapi, dan dengan PD melakukan registrasi walau tanpa undangan di tangan. Kami sangat beruntung, tidak pernah sekalipun kami diusir keluar.

Tujuannya bisa ditebak. Seminar-seminar yang kami datangi selalu diadakan di hotel. Dan ”hotel” identik dengan ”makan enak”. Sejujurnya itulah tujuan utama kami. Bisa makan enak dan gratis.

Dari seluruh pengetahuan yang saya dengar saat seminar, hanya satu kalimat yang terngiang-ngiang di pikiran saya sampai saat ini. Kalimat ini diucapkan oleh salah seorang Guru Besar, yang akrab kami panggil Prof. Askandar. Beliau berkata, ”Sebaiknya buah-buahan dikonsumsi sebelum makan. Yang selama ini kita lakukan adalah mengkonsumsi buah setelah makan”

Kalimat itu hanya terngiang-ngiang saja, dan jarang sekali saya lakukan anjuran beliau. Sampai suatu saat, saya mengenal FOOD COMBINING. Salah satu prinsipnya adalah ”Makan Buah dengan Benar”. Bagaimanakah itu? Ternyata prinsipnya sama dengan yang pernah dikatakan oleh Profesor saya dulu.

Berikut ini, mungkin dapat menjadi informasi yang berguna bagi teman-teman yang membutuhkannya. Saya ringkas dari ”The Complete Book of Food Combining” oleh Kathryn Marsden (ahli nutrisi), ”Food Combining-Kombinasi Makan Serasi” oleh ibu Andang W. Gunawan (praktisi Food Combining dan ahli terapi nutrisi) dan Bpk.Wied Harry Apriadji (ahli gizi dan praktisi Food Combining).


PRINSIP PENCERNAAN BUAH-BUAHAN OLEH TUBUH KITA
A. Buah dimakan sendirian = dicerna tanpa usaha
B. Buah dimakan bersama makanan lain = tidak terlalu lancar

BUAH DIMAKAN SENDIRIAN = DICERNA TANPA USAHA
Buah-buahan sangat sedikit dicerna di dalam mulut dan sama sekali tidak dicerna di dalam perut. Tidak seperti penguraian protein dan pati yang menyerap banyak energi dari tubuh saat mereka melewati proses pencernaan, buah-buahan sangat sedikit membutuhkan energi. Jika dimakan tanpa makanan lain, buah-buahan dapat dengan cepat dan efisien bergerak ke proses pencernaan tahap berikutnya : usus halus.
Begitu berada di usus halus, berbagai jenis gula, vitamin, dan mineral alami dalam buah yang kita makan tadi dapat diserap dengan cepat. Ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

BUAH DIMAKAN DENGAN MAKANAN LAIN = TIDAK TERLALU LANCAR
Bila buah-buahan (baik buah potong ataupun jus) dimakan/minum dengan atau sesaat setelah makan, pencernaan buah-buahan tersebut (yang sebenarnya cepat) akan tertunda dan tubuh akan kehilangan sebagian besar manfaatnya. Tidak itu saja, bahkan makanan lain pun menjadi rusak. Proses fermentasi atau pembusukan dapat terjadi lebih cepat, bakteri-bakteri mulai bekerja. Protein dan pati yang kita makan berfermentasi, menyebabkan keasaman, perut kembung, panas, dan gas (berbagai macam gangguan perut). Dengan demikian kita tak mendapatkan hasil maksimal dari pencernaan buah ataupun makanan lain yang dikonsumsi.

JADI........
BAGAIMANA SEBAIKNYA CARA KITA MAKAN BUAH-BUAHAN ?

  1. Makanlah buah, satu macam maupun beberapa, tidak dicampur dengan makanan jenis lain. Berilah tenggang waktu minimal 10-15 menit sebelum mengkonsumsi makanan lain. Diharapkan dalam waktu 10-15 menit, buah sudah tercerna dan zat-zat bergizinya sudah diserap oleh tubuh.
  2. "Saat perut kosong" berarti pada pagi hari, sesaat setelah bangun, sebagai kudapan di antara waktu-waktu makan, atau sebagai makanan pembuka, 10-15 menit sebelum waktu makan.
  3. Makanlah buah atau minum jus buah sedikit-sedikit agar tidak mengakibatkan lonjakan kadar gula darah secara mendadak.
  4. Ganti camilan Anda dengan buah. Boleh saja mengudap buah sepanjang hari, asal sekitar setengah jam sebelum makan, stop makan buah.

Nah, demikian sedikit informasi yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Bila ada kekurangan, mohon komentar dan masukannya.

Hidup Bahagia dan Sehat?
Saya yakin, pasti kita semua mendambakannya.
Salam Sehat !!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hola!
Sudah kutengok nih blognya.
Kiat makan buahnya menarik, segera diaplikasikan.
Selamat berkarya!